Senin, 29 Agustus 2016

Sukuk Tabungan ST-001


Pertama kali penasaran dengan produk Sukuk karena pada saat itu mas ipar berencana ikut penawaran Sukuk (saat itu Sukuk Ritel, entah seri SR yang keberapa). Waktu itu suami berencana 'nebeng' 5 juta sama mas ipar. Tapi sayangnya, Sukuknya nggak jadi terbeli karena masalah penjatahan dan lain-lain. Dari situ aku penasaran. Menarik banget apa ya sukuk itu?

Ternyata benar, sukuk itu ternyata sangat menarik karena beberapa hal berikut:
1. Sukuk didasarkan pada syariah Islam. Sehingga tenang berinvestasi di sukuk
2. Sukuk menawarkan bagi hasil yang lebih kompetitif dibandingkan deposito
3. Sukuk yang diterbitkan pemerintah dijamin 100%, sehingga terhindar dari resiko gagal bayar

Nah, sudah sesuai syariah, bagi hasil kompetitif, dan masih dijamin negara pula. Ya jelas saja, siapa yang tidak tertarik menginvestasikan dananya ke sukuk. Nah, mulai 22 Agustus sampai 2 September nanti, kebetulan pemerintah lagi menawarkan Sukuk Tabungan seri ST-001, artinya sukuk jenis ini perdana dilemparkan ke masyarakat. Pemanfaatan dana dari sukuk ini akan digunakan untuk pembiayaan belanja negara. Jadi, sudah dapat tiga poin keuntungan berinvestasi sukuk, masih ada satu keuntungannya lagi, yaitu berpartisipasi dalam pembangunan nasional lewat sukuk yang kita beli.


Kalau dulu aku suka bingung, mau beli sukuk gimana caranya? Ternyata penjualan sukuk itu di bank-bank syariah dan beberapa sekuritas. Jadi syaratnya paling tidak harus punya rekening di salah satu agen penjual tersebut. Nah, yang bikin kemarin mas ipar gagal membeli sukuk, soalnya beliau nggak punya rekening di agen penjual yang dia tuju (saat itu nembusi ke Syariah Mandiri kalau tidak salah). Sekarang daku sudah melek untuk membuka rekening sekuritas (yang biayanya jauh lebih ekonomis dibanding membuka rekening bank). Ternyata dengan membuka rekening sekuritas, akses informasi mengenai produk-produk investasi menjadi lebih mudah. Termasuk akses informasi mengenai Sukuk Tabungan seri pertama ini.

Bertempat di Plaza Hotel Yogyakarta pada hari Rabu, 24 Agustus 2016, Danareksa Sekuritas bekerja sama dengan Direktorat Pembiayaan Syariah, Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko, Kementrian Keuangan, menyelenggarakan talkshow bertajuk "Sosialisasi Sukuk Tabungan Negara ST-001 Tahun 2016, Investasi Membangun Negeri". Di acara talkshow ini, Ibu Erna selaku wakil dari Kementrian Keuangan menjelaskan mengenai Sukuk Tabungan sebagai pembiayaan APBN, fitur yang terdapat pada Sukuk Tabungan ST-001 Tahun 2016, serta alasan kenapa harus membeli Sukuk Tabungan ST-001.

Sukuk Tabungan sebagai pembiayaan APBN
Menurut data, dari 1.786,2 triliun pendapatan negara dari pajak, bukan pajak dan hibah, ternyata masih ada defisit sebesar 296,7 triliun, karena total belanja negara sebesar 2.082,9 triliun. Oleh karena itu, negara perlu pembiayaan dari utang dan non utang. Nah, sukuk adalah salah satu pembiayaan utang dalam bentuk surat berharga negara. Kalau sebagai warganegara kita bisa memberi 'utang' kepada negara, maka negara tidak perlu mengajukan pinjaman luar negeri yang hanya akan memperberat APBN negara. Ya kan? Tunjukkan nasionalisme dengan hal-hal sederhana seperti ini. Hehe.
Komponen utang negara. Sukuk salah satunya.
Fitur yang terdapat dalam Sukuk Tabungan ST-001

Fitur yang dimaksud disini adalah syarat dan ketentuan Sukuk Tabungan ST-001.
Terms & condition Sukuk Tabungan Seri ST-001
Jadi, yang perlu digarisbawahi adalah, tingkat imbalannya adalah 6,9% per tahun, dibayarkan setiap bulan, dengan nominal pembelian minimal 2 juta dan maksimal 5 miliyar. Oh ya, ST-001 tidak bisa diperdagangkan, tetapi bisa early redemption pada saat pembayaran imbalan ke-12 (setahun) dengan kepemilikan minimal 4 juta. Early redemption nanti bisa diajukan tanggal 18 hingga 28 Agustus 2017 sampai pukul 10.00 WIB.

Mengapa membeli Sukuk Tabungan ST-001?

Ada 7 keuntungan berinvestasi di Sukuk Tabungan
1. Terjangkau. Karena satuan pembelian per 2 juta rupiah (kalau yang lain biasanya per 5 juta).
2. Aman. Pembayaran imbalan dan nilai nominal dijamin penuh oleh negara.
3. Sesuai prinsip syariah. Sudah mendapat fatwa syariah dari MUI. Selain itu, berinvestasi di Sukuk Tabungan berarti mendukung perkembangan pasar keuangan syariah dalam negeri.
4. Tingkat imbalan kompetitif (6,9% per tahun) dengan pajak relatif rendah (15%).
5. Imbalan bersifat tetap dan dibauarkan per bulan.
6. Ada fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption).
7. Hanya dengan dua juta rupiah, kita turut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan nasional.

Masih empat hari lagi kalau mau pesan Sukuk Tabungan ST-001. Berikut bank dan sekuritas yang menjadi agen penjualnya:

Bank Mandiri
Bank BCA
Bank BRI
Bank Permata
Bank BTN
Bank Panin
Bank BNI
Bank Maybank Indonesia
Bank Syariah Mandiri
Bank ANZ Indonesia
Bank Muamalat Indonesia
Bank DBS Indonesia
Bank BRI Syariah
Standard Chartered Bank
Bank OCBC NISP
Citibank N.A.
HSBC
Bank Danamon Indonesia
Bank CIMB Niaga
Bank Mega
Danareksa Sekuritas
Trimegah Securities
Bahana Securities
MNC Securities
Sucorinvest Central Gani
Mega Capital Indonesia

Selamat berinvestasi! ^_^

3 komentar:

  1. Wowww aku baru tau loh ada st ini, selama ini taunya sr. Aku masih milih deposito mak yang bulanan, soalnya pernah aku bandingin returnnya. Depositonya di bank syariah juga, selain ga terikat waktu, returnnya hampir sama.
    Makasih infonya ya mak

    BalasHapus
  2. Iya. deposito lumayan soalnya bisa bulanan. Kalo ini harus 2 tahun. lamooo

    BalasHapus
  3. Lengkaaaaapppppppppoo. Thanks infonya.

    BalasHapus