Jumat, 30 September 2016

Liburan dengan perencanaan untuk kesehatan finansial

Sering yah kita mengomentari teman yang kerjanya ngambek, marah-marah, atau pun cemberut dengan sindiran, "Kayaknya kamu butuh piknik." Nah, masalahnya piknik itu nggak semudah diomongin. Butuh persiapan. Soalnya, piknik tanpa persiapan itu bisa buat masalah baru.

Nggak percaya? Coba kalau kita tiba-tiba menghilang untuk piknik padahal pekerjaan di kantor menumpuk? Apa nggak bikin masalah tuh? Coba kalau duit tongpes terus maksain piknik. Duit dari mana coba? Berhutang? Ya itu namanya buat masalah baru ya kan?

Jadi, walau 'cuma' piknik di tempat dekat dan sebentar saja, tetap saja butuh persiapan. Apa saja yang dipersiapkan? Mbak Donna Imelda, seorang travel blogger kondang di acara Seminar #SunLifeFuturePlan bertajuk "Rencanakan Liburan Terbaikmu" membeberkan persiapan berdasarakan pengalamannya.

Mupeng sama sunset di slide Mbak Donna. How beautiful! (Foto: @sitihairul)

Jadi persiapan itu antara lain:

1. Tujuan piknik/tempat liburan

Ibaratnya ke travel agent terus mau pesan tiket pesawat, pasti kita harus punya tujuan penerbangan sebelum pesan tiket pesawat, ya kan? Dengan punya tujuan nantinya akan memudahkan untuk menetapkan biaya dan lama liburannya juga kan?

2. Tentukan bersama siapa pikniknya

Bersama siapa pikniknya? Sendiri? Bersama teman? Atau bersama Keluarga? Pastinya beda persiapannya dong. Kalau sendiri mungkin ngemper di jalan nggak masalah, tapi kalau sama keluarga, masak iya tega ngajak anak ngemper? Biaya piknik sendiri, bersama teman, atau pun keluarga akan berbeda. Kalau bersama teman mungkin akan lebih murah karena akan patungan, tetapi kalau sama keluarga, tentu budgetnya lebih besar. Nggak mau kan kalau anak minta beliin sesuatu terus bilang,"Ibu nggak punya duit." Pait. Pait.

Catatan, kalau pergi sama teman, pastikan tempat piknik dan gaya liburannya sepakat. Jangan sampai ternyata beda selera dan nggak ada yang mau mengalah. Maksudnya piknik biar menghilangkan stres malah bisa jadi stres punya musuh baru. Ya kan?

3. Tentukan gaya liburan 

Gaya liburan pasti akan mempengaruhi budget. Mau ala koper atau ransel (kok jadi kayak judul acara reality show), pastinya akan mempengaruhi budget. Mau cari seseruan atau kenyamanan?

4. Menentukan jadwal liburan

Nah, pastinya jadwal liburan dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Selain untuk memastikan pekerjaan terkendali selama kita cuti, menentukan jadwal liburan dari jauh hari akan memungkinkan kita untuk mendapatkan tiket perjalanan dan penginapan yang lebih murah.

5. Menentukan budget

Ini nih yang paling penting. Ngapain nyiapin keempat hal di atas kalau dananya nggak ada?#gubrak. Pesan Mbak Donna nih, jangan pernah berhutang untuk dana liburan. Soalnya itu sama saja membuat masalah baru. Lebih baik rutin menabung buat persiapan dana liburan. Didisiplinkan saja menabung berapa persen penghasilan buat dana liburan.
Sesi 2. Rian membeberkan tips budgeting
Nah, biar budget nggak membengkak, Atanasia Rian, travel blogger Jogja dan juga induk semang (koordinator maksudnya) dari Komunitas Blogger Jogja memberi tips menghemat biaya liburan:

1. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari

Membeli tiket jauh hari selain membuat tenang karena sudah beres satu perintilan persiapan liburan, juga berpeluang mendapatkan tiket promo lebih cepat. Rian bahkan langsung melakukan pemesanan tiket pesawat ketika jadwal cuti bersama keluar di awal tahun. Selain ini, sepertinya ada satu tips penting lagi, yaitu:

2. Survey lokasi dan tempat yang akan dikunjungi

Sekarang kan survey gampang tinggal cari informasinya di google. Dengan begitu kita akan tahu dengan jelas biaya yang dikeluarkan. Terus juga mencegah kalau dimahalin sama pemandu wisata setempat.

Seluruh pembicara saat sesi tanya jawab

Nah, untuk memantapkan mempersiapkan dana liburan, pastikan menghitung inflasi dan menyimpan dana di produk keuangan yang tepat. Jangan lupa untuk menyiapkan asuransi sebagai proteksi selama liburan.

Sunlife mempersembahkan website brightadvisor.co.id, dimana kita bisa mempersiapkan finansial kita, dan bertanya seputar finansial gratis, tanpa harus membeli polis asuransi di sunlife. Bisa manfaatkan bright calculator di pojok bawah website untuk merencanakan investasi masa depan, termasuk untuk persispan dana liburan.

Dengan perencanaan yang matang, liburan impian tidak akan mengganggu finansial kita. Cheers!
Yuk piknik! (Foto @sunlife_ID)

2 komentar:

  1. Oke juga ya tips dari mba Donna. Gaya liburanpun ternyata musti ditentukan sblm brgkt.

    BalasHapus
  2. Wah lengkap tipsnya. Ayukkk tamasya!

    BalasHapus