Selasa, 07 Februari 2017

[wiRABUsaha] Usaha dan Investasi untuk Emak itu PERLU!

Mulai bulan Februari ini, investasiemak bakalan ada rubrik #wiRABUsaha bekerja sama dengan manda di saudagarsaham.id. Isinya sih nggak jauh-jauh dari seputar usaha dan investasi untuk ibu rumah tangga.

Tema minggu ini adalah pentingnya ibu rumah tangga harus punya usaha dan investasi. Bukan buat gegayaan. Tapi memang beneran PERLU! *capslock jebol dah...

Yang ini bahasan Manda tentang Usaha dan Investasi:

#wiRABUsaha: Usaha dan Investasi ala Manda

Nah, di bawah ini aku pengen cerita, kenapa sih emak-emak itu perlu usaha dan investasi?

Emak-emak itu harus produktif

Pengalaman pribadiku nih, semenjak resign dari kerjaan, terus kuliah lagi, terus sampai sekarang masih job seeker aja, aku jadi berpikir lebih keras untuk mendapatkan tambahan. Ternyata dunia udah nggak seindah zaman dulu masih kerja kantoran, hihi. Cari kerjaan sekarang lebih susah plus kebutuhan hidup lebih banyak.
Kan udah punya suami, gampang lah, tinggal minta duit aja sama suami kan?
Iya sih, dengan berkeluarga kita bisa menggantungkan hidup pada suami. Tapi kasian atuh Pak Suami kalau semua istri mikirnya begini. Soalnya, dengan kondisi perekonomian yang fluktuatif seperti sekarang, cari duit memang kudu getol kuadrat. Kan kasian kalo suami nggak dibantuin cari duit? Memang sih, cari uang bukan kewajiban kita sebagai emak-emak. Tapi paling nggak kita harus jadi emak yang produktif. Biar nggak senewen en spanneng. Dapat tambahan uang itu bonus.

Be productive, be positive!

Dengan berpikir untuk produktif, kita dapat meminimalisir rasa cemburu sama suami. Iya rasa cemburu. Aku pernah punya tetangga yang bercerai gara-gara istrinya cemburuan sama suaminya. Usut punya usut, ternyata si istri kebanyakan nonton sinetron dan infotainment. Ditambah suaminya kerja di rumah produksi. Ketika suami pulang terlambat atau harus dinas di luar kota, si istri uring-uringan nggak jelas. Semua nasehat dari para tetangga nggak digubris. Akhirnya, kandaslah rumah tangga mereka karena kecemburuan berlebihan si istri.

Tragis ya? Padahal kalau si istri mau berpikiran positif dan berusaha mengoptimalkan potensinya, entah potensi memasak, menjahit, atau kalau sekarang yang lagi happening, yaitu ngeblog dan menulis, pasti hasilnya akan berbeda. Kelihatannya sih kesibukan seperti itu terlihat sepele, tapi dengan menyibukkan pikiran dengan hobi, maka nggak ada lagi tuh pikiran ngganggur cuma buat mikirin, suamiku sekarang lagi sama siapa? Beneran kerja atau selingkuh?

Nah, kalau kita sebagai istri hepi, nggak berpikir macem-macem, pastinya suami juga kerjanya tenang, anak-anak juga hepi. Betul?

Emak-emak perlu mempunyai kesibukan yang bermanfaat agar dirinya selalu upgrade. Karena di tangan emak-emaklah wajah generasi penerus Indonesia. Emak adalah guru pertama bagi anak. Pastinya pengen dong punya anak yang cerdas dan memiliki masa depan cerah. Nah, nggak perlu susu mahal kok untuk mewujudkan itu. Cukup kita sebagai ibu yang memberikan contoh baik pada anak, menanamkan jiwa untuk pantang menyerah namun juga pasrah pada takdir Allah SWT. Terus upgrade ilmu parenting kita, upgrade hobi yang kita percayai akan menambah penghasilan keluarga. Nggak perlu ngoyo, karena memang tugas utama kita adalah mengurus rumah tangga, tapi tetap ada target untuk setiap usaha kita. Tetap produktif agar selalu berpikiran positif, cheers!


Emak manajer keuangan keluarga. Melek investasi yuk...

Nah, selain emak-emak harus punya usaha aka kesibukan, emak-emak juga harus melek investasi. At least harus getol menabung. Soalnya emak kan manajer keuangan keluarga. Gimana caranya uang dari suami cukup buat kebutuhan sehari plus menabung. Metode 'amplop' alias mengalokasikan semua dana pada pos-posnya di awal bulan wajib dilakukan semua emak. Hal ini selain mengontrol pengeluaran juga 'memaksa' emak untuk rutin menabung. Kalau menabung sudah menjadi habit, maka investasi bukan hal yang sulit lagi.

Investasi buat emak ada macam-macam. Yang paling populer di kalangan para emak dari zaman dahulu adalah investasi emas. Tapi seiring waktu, investasi semakin terdiversifikasi. Emak-emak mulai banyak melirik jenis investasi dengan return yang lebih tinggi, walaupun resikonya juga tinggi. Investasi saham mulai diminati kaum hawa. Apalagi IDX juga lagi getol promo program Yuk Nabung Saham kan. Beberapa teman yang sudah mulai investasi saham mengatakan bahwa trading saham bisa menjadi kesibukan yang menghasilkan. Suaminya bahkan yang menyuruh mereka untuk menggeluti dunia saham. Ada yang menjadikannya sebagai usaha sampingan, yaitu trading for living (jual beli saham untuk penghasilan sehari-hari) maupun sekedar investasi (value investor). Menjadikan saham sebagai usaha sampingan tentu sudah harus siap dengan resiko rugi. Analisa teknikal harus dimantapkan.  Namun, menjadi value investor juga bukan tanpa resiko. Kenali dengan baik fundamental perusahaan agar investasinya menuai hasil yang maksimal.

Tentang investasi saham baca: Investasi di Pasar Modal seperti Merawat Tanaman

Investasi akhirat alias sedekahnya jangan lupa ^_^

Berbagai pilihan usaha dan investasi bisa emak pilih sesuai dengan minat dan bakatnya. Yang pasti, usahakan menyisihkan pendapatan dengan rutin untuk investasi. Supaya harta keluarga lebih barokah, jangan lupa investasi akhirat alias sedekah. Kalau hartanya sudah mencapai nisab, dahulukan bayar zakatnya. In sya Allah kedepannya rezeki tambah lancar. Aamiin.

Kalo katanya, happy tummy happy kids, maka have money happy mom. Xixixi.

18 komentar:

  1. Capslock jebol : tinggal minta sama suami. Duh kasian suaminya ea. ^_^

    BalasHapus
  2. Bener jadi emak itu ga boleh banyak nanggurnya. Apalagi perempuan kan perasaan orangnya hihi. Kudu produktif demi kelancaran rumah tangga juga ya 💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes..kudu disibukin otaknya biar gak mikir mcm2

      Hapus
  3. Warbiasak..jadi istri harus pengertian membantu cari nafkah eaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. At least jangan kebanyakan nuntut lah..

      Hapus
  4. Yang belum jadi emak pun. Perlu tahu banyak tahu Ini mah, Mbak. Usaha dan Investasi yak
    Hhee

    BalasHapus
  5. Jaman skrg emak2 kudu melek investasi agar finansial terjamin ya Mba..

    BalasHapus
  6. Bener banget mak, aku juga mulai berinvestasi nih. Untuk masa depan keluarga yang lebih baik

    BalasHapus
  7. wiiks, makasii tipsnya ya mbaaaa

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Hmmm...gak boleh komen ya? Hanya buat emak2...😀

    BalasHapus
  9. sepakaaaaaat
    Emak2 juga harus melek investasi dan wirausaha. Makin produktif makin kece

    BalasHapus
  10. Investasi, sementara ini msh emas, blm punya modal buat saham hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru 5 ribu aja udah bisa dapat saham 1 lot (yang paling murah). Tapi nunggu tu saham bisa bangun, hanya bandar yang tau ^_^

      Hapus