Rabu, 22 Agustus 2018

Cara Mudah Berinvestasi dengan SBN Online


Halo sahabat investasiemak.com. Sudah lama nggak ada post di blog ini ya? Si empunya blog emang lagi nggak menjamah dunia blog dan investasi untuk sementara waktu. Tapi, demi apa dong investasiemak bikin post baru ini. Demi negeri! *mentang-mentang habis 17an dan kena euforia pembukaan Asian Games, ya kan..

Tapi ini bukan lebay ya. Bener loh, sekarang ini ada cara gampang buat kaum milenial yang masih missqueen (ya duit seadanya gitu deh, kayak akyu, xixixi) buat membantu perekonomian Indonesia. Yaitu dengan membeli SBN (Surat Berharga Negara).

"Tapi, duitku cuma sedikit, paling banyak bisa nyisihin sejuta, ntar mau beli nggak dilayanin, gimana?"
--> Itu pertanyaanku dulu. Tapi semua pertanyaan itu terbantahkan sudah. Karena pembelian surat berharga, dalam hal ini yang masih buka penawaran yaitu SBR004 (Sukuk Bond Ritel seri 4), berpihak banget sama kita-kita, karena:
1. Terjangkau. Minimal pemesanan adalah 1 juta dengan kelipatan 1 juta. Coba bayangin. Kalo SBN seri sebelumnya minimal 5 juta lo pembeliannya.

(Baca: Pengalaman memesan SR009)

2. Semua proses full online. Jadi nggak perlu ribet ke bank di jam kerja, apalagi baper karena ngerasa dibedain pelayanannya ama yang duitnya banyak. Hihi.

3. Proses cepat. Di post ini aku ceritain gimana cepetnya.

Jadi, aku sendiri tahu kalau Kemenkeu lagi jualan surat berharga itu dari ads di gmail. Seneng deh, sekarang info kayak gini nggak tertutup hanya diketahui konglomerat dan nasabah prioritas bank saja. Bahkan sekarang malah dipromosikan besar-besaran. Moga sih banyak yang melek dan jadi tertarik buat ikut ini.

Ada banyak agen yang jualan SBR004. Aku sendiri dapat ads gmail dari investree. Ada promo cashback pula. Tapi karena belum dapet info yang cukup soal investree, dan males aja bikin banyak akun finansial, wong duitnya cuma sekepret-kepret #ups, malah bingung dewe nanti. Akhirnya memutuskan nyoba beli SBR004 di SBN BRI

Kenapa pilih SBN BRI?
Karena gampang! Gak tau tiba-tiba dapat broadcast dari grup Danareksa (analystnya malah broadcast BRI, soalnya Danareksa nggak ditunjuk jadi agen penjual), isinya kurang lebih begini:


Investasi AMAN dengan RETURN DIATAS DEPOSITO? Hanya dengan SBR004

*KENAPA HARUS  SBR004?*
☆ *Aman*, diterbitkan oleh Pemerintah RI
☆ Kupon Floating dengan *minimum kepastian kupon sangat menarik : 8.05% gross p.a.*
☆ *Pajak kupon 15%, lebih kecil* daripada pajak bunga deposito
☆ Acuan : 7 Days Reverse Repo Rate (Penyesuaian kupon setiap 3 bulan sekali)
☆ *Sangat terjangkau : Minimal 1 Juta - Maksimal 3 Milyar* (Kelipatan 1 Juta)
☆ Kupon Bulanan dikreditkan setiap tgl 20
☆ Tenor relatif singkat hanya 2 Thn (Jatuh tempo : 20 Sept 2020)
☆ Early Redemption tgl 7-15 Okt 2019

*PEMESANAN SBR004*
- Hanya dapat dipesan melalui https://sbn.bri.co.id (tidak tersedia channel lainnya)
- Pemesanan dimulai tgl 20 Agustus-13 Sept 2018 atau selama quota masih ada

Info lebih lanjut hubungi Bank BRI terdekat

BANK BRI MELAYANI DENGAN SETULUS HATI


Habis itu iseng aja isi komplit. Terus terverifikasi. Coba pesan. Bayar. Eh kok gampang banget! Segampang beli pulsa online aja. Hihi. Jadi kebetulan aku emang udah punya syarat-syaratnya:
1. Rekening BRI-->soalnya buat rekening induk.
2. KTP n NPWP-->Ini sih standar dimana-mana juga ditanyain.

Jadi saat membuka websitenya, pilih tombol "opsi" di kanan atas. Lalu klik pendaftaran akun. Dari situ isi deh sesuai keadaan. Gak ribet-ribet sih formulir aplikasinya. Pokoknya bisa diisi dari HP.
Pilih menu pendaftaran akun dan isi formnya.
Kalau nggak salah sih upload foto KTP sama NPWP sih. Dalam waktu kurang dari 24 jam aku sudah dapat notifikasi email seperti ini:


Nggak tau prosesnya bisa cepat karena aku sudah punya SID (sistem informasi debitur)--> Udah punya dari zaman kenal Danareksa, atau memang komputerasi di bidang finansial saat ini emang kece abis makanya registrasi bisa secepat itu. Kayaknya memang negara semakin mempermudah untuk urusan uang yang masuk ke negara ya kan, jadinya cepet prosesnya. Kalau mulus gini kan juga jadi semangat nabung (investasi) nya.

Setelah diaktivasi. Langsung deh lengkapin profil investor, habis itu pilih menu transaksi>pemesanan. Jadi deh milih mau beli berapa, pokoknya kelipatan 1 juta. Untuk keamanan, setiap pemesanan harus mengisi kode verifikasi yang dikirim ke email yang terdaftar.

Setelah mengisi kode verifikasi, nanti akan dikirimkan kode pemesanan dan kode billing untuk pembayaran.

Kalau bingung cara bayarnya, bisa lihat menu "Petunjuk Pembayaran MPN" di menu Transaksi>Pemesanan. Aku pilih bayar via ATM, dan viola! Aku sudah berinvestasi untuk negeri donggg*standing applause.
Email bukti pembayaran langsung dari Kemenkeu
Gimana? Tertarik mau beli nggak? Bolehlah iseng dulu bikin akun, cobain dulu beli sejuta juga bisa. Prinsip investasi kan sama kayak menabung, dikit-dikit lama-lama jadi bukit. Emak bijak sadar investasi. ^_^

6 komentar:

  1. Alhamdulillah sekarang infonya tersebar luas ya mak. Kalau saya tahu dari akun ig @jouska. Tapi saya nunggu yg sukuk ritel aja, katanya November. Biar syariah gitu, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ya syariah kok. SBR kan Sukuk Bond Ritel

      Hapus
  2. Balasan
    1. Haha..aku br tau panjangannya setelah gugling lg. Tak kira sukuk je. Wkwkwk

      Hapus
    2. Hehehe.. akhirnya aku beli juga SBR004 tapi lewat Bareksa ^^ Gampang ya trx lewat online gini, ga pake baper takut ditolak CS Bank karena duitnya retjeh hahaha

      Hapus
  3. Bikin SID gimana caranya mba? Susah gak?

    BalasHapus