Sabtu, 24 September 2016

Arisan Ilmu September: #internetBAIK


Sesuai judul blog ini, awal pembuatan blog ini bertujuan untuk menceritakan macam-macam investasi yang cocok untuk emak-emak. Investasi nggak cuma materi kan ya, ilmu juga merupakan investasi. Beruntung deh tergabung di komunitas positif yang minim menye-menye apalagi sampai baper. Komunitas emak blogger, sebuah komunitas para emak yang memiliki passion nge-blog. Blognya bertema apa terserah, tapi rata-rata blognya seputar keseharian. Lifestyle blog lah istilahnya. Itu tema blog paling aman buat emak-emak. Maklumlah, emak-emak kadang suka moody, hihi.
Nah, Kumpulan Emak Blogger punya program arisan yang lain daripada yang lain, yaitu arisan ilmu. Keren ya? Kalau di tempat lain arisan duit, KEB antimainstrem, yang diarisankan ilmu. Kebayang kan amal jariyah yang jadi pemateri di arisan ini? Hehe..

Nah, arisan ilmu September ini bertemakan #internetBAIK. Yang menjadi pematerinya adalah duo maut Manda Primastuti Satrianto dan Mak Irul-Siti Hairul Dayah. Mereka berdua memang sudah mendapat sertifikat trainer untuk program #internetBAIK ini loh. Manda mengawali penjelasan mengenai etika berinternet yaitu Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan kreatif. Internet itu ibarat sebilah pisau, harus tahu caranya menggunakan agar tidak terluka.

Bertanggung jawab
Setiap individu yang berinternet baik itu sosial media, games, atau mungkin blogging, harus bertanggung jawab dengan apa yang akan diakibatkan dari kegiatannya berinternet itu. Yang bersosial media, sebaiknya memperhatikan etika bersosial pada umumnya, perhatikan bahasa tulisan, karena tulisan lebih rentan kesalah pahaman. Yang bermain game jangan sampai lupa waktu, dan yang ngeblog, selalu pastikan bahwa informasi yang ditulis haruslah bisa fipertanggungjawabkan.

Aman
Pastikan keamanan kegiatan kita di dunia maya. Contohnya adalah dalam hal mengupload foto anak. Hindari mengupload foto anak menggunakan baju sekolah yang lengkap atributnya, sehingga memancing penculikan anak. Eksis sih boleh, tapi jangan lupa untuk memperhatikan batasan-batasannya.

Inspiratif
Tengoklah kemajuan sosial media saat ini. Rasanya inspirasi apa saja bisa diperoleh dari sosial media. Mau tutorial apa saja tersedia di youtube. Mau cari inspirasi foto bisa tengok intstagram dan pinterest. Makanya kayaknya rugi banget kalau sampai tidak memanfaatkan internet untuk mencari dan berbagi inspirasi. Banyak peluang bisnis yang berkembang karena kemajuan internet. Semua karena manfaat internet sebagai media berbagi inspirasi.

Kreatif
Setelah mendapatkan inspirasi, so pasti kita akan terpacu untuk berkreasi kan? Sebagai orang tua aku sendiri merasa menjadi lebih kreatif setelah melihat banyaknya DIY permainan anak yang dibuat teman-teman. Kadang sesuatu yang tidak terpikirkan menjadi bisa terealisasikan. Seperti ketika aku melihat banyak pewarna makanan yang menganggur. Gara-gara postingan teman aku jadi mencoba permainan ini sama anak. Ternyata walaupun sederhana ini bisa menjadi sangat fun!

Akhirnya, berikut 5 tips berinternet baik:
1. Keep playing or stop
2. Click or close
3. Think before posting
4. Saring before sharing
5. Wise while online

Bagaimana memfilter bahaya internet?
Di sesi kedua Mak Irul memberi tutorial bagaimana memasang filter pencarian pada google, youtube, dan playstore. Pesan Mak Irul kepada emak-emak, internet itu ibaratnya sungai di depan rumah, nggak selamanya anak bisa dilarang untuk tidak ke sungai, akan tetapi lebih bijak untuk mengajari anak berenang.

Filter pencarian pada Google:
Pada browser, ketik google.com, kemudian pada bagian bawa pilih "setting"-"setelan penelusuran"- kemudian centang "aktifkan telusur aman". Save preferensi pencarian kita.


Filter pencarian Youtube:
Mirip dengan filter pencarian google (karena memang masih produk google), pada bagian bawah youtube pilih "aktif"  pada bagian mode terbatas


Filter pencarian playstore:

Pilih menu setting-User Controls-Parental Controls-Pilih ON-atur rating maksimal aplikasi yang bisa diunduh anak.

Senang sekali bisa ikut menyimak materi tentang bijak berinternet. Semoga bisa tetap bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif dalam berinternet. Aamiin.

4 komentar:

  1. alhamdulillah, isinya dibagiin di sini...kmaren batal ikuran

    BalasHapus
  2. Jadi emak seharusnya bisa berkemampuan lebih dan bijak dalam tiap hal termasuk investasi ilmu.Luar biasa bgt mbk☺

    BalasHapus
  3. Mbak Agustina, kita pernah kopdar belum ya?

    Betul. Jadi emak harus mau terus belajar Mbak Arty..

    BalasHapus
  4. mkasih tipsnya, kece banget XD
    dulu pernah lihat ada yang post foto anaknya lagi mandi dan ndak disensor , jd speechless

    BalasHapus