Kamis, 04 Oktober 2018

Cari Obat Langka di Apotek Online K24Klik, Aman, Mudah, dan Terpercaya


Sobat Investasiemak, mungkin kita pernah menjumpai suatu produk tiba-tiba susah ditemukan dipasaran. Contoh yang seringkali terjadi adalah tabung gas elpiji 3kg langka di beberapa daerah. Akibatnya, masyarakat menjadi kelimpungan dan panik, terlebih bagi mereka yang memiliki usaha kuliner atau warung makan. Karena mereka khawatir dengan kelanjutan usaha yang mereka kelola, sedangkan untuk mengganti tabung gas elpiji 3 kg dengan tabung gas yang lebih besar tentunya akan menambah biaya operasional. Ternyata, kelangkaan produk ini tidak hanya berlaku pada produk-produk umum seperti tabung gas elpiji 3 kg saja, namun obat langka juga bisa terjadi.

Umumnya fenomena obat langka ini bisa terjadi karena pabrik pembuat obat sudah tidak memproduksi obat tersebut atau permintaan pasar yang tinggi namun produksi obat terbatas. Akibatnya, pasien yang membutuhkan obat tersebut untuk terapi jadi kesulitan mendapatkannya. Bahkan, mereka sampai harus mengunjungi beberapa apotek terlebih dahulu baru mendapatkan obat yang dicari. Bagaimana jika kondisi tersebut menimpa kita? Beruntung saat ini ada K24Klik.com yang siap membantu mengatasi masalah tersebut.


Sebagai apotek online dengan tagline Apotek Online Paling Komplit, K24Klik.com berupaya untuk dapat memenuhi semua permintaan obat dari pelanggannya. Kerjasama K24Klik.com dengan jaringan luas Apotek K-24 dan Apotek Mitra menjadi nilai lebih bagi apotek online yang satu ini. Jika obat yang kita cari tidak tersedia di apotek terdekat dengan alamat pasien, K24Klik akan mengupayakan pengiriman dari apotek lain yang memiliki stok produk tersebut. Tentu saja tanpa membuat kita keluar rumah, obat akan langsung diantar ke alamat yang kita inginkan. Selain itu, transaksi pembelian obat langka melalui K24Klik.com tentunya lebih aman dengan adanya jaminan 100% obat asli.
 
Permintaan obat langka di K24Klik.com

Bagaimana jika obat yang kita cari sudah tidak tersedia sama sekali? Health consultant K24Klik.com akan membantu mencarikan obat pengganti dengan komposisi sama atau obat lain dengan khasiat yang sama. Tentunya prosedur ini tetap membutuhkan persetujuan dari dokter yang menangani keluhan pasien, yang akan dikonsultasikan terlebih dahulu oleh Apoteker K24Klik.com. Nah, sobat dapat resep obat langka dan kesulitan mencarinya? Kunjungi saja K24Klik.com, cari produk yang Anda inginkan, kemudian klik tombol request produk, dan tunggu konfirmasi dari Health Consultant. Lebih praktis dan hemat bukan? Salam sehat semuanya, karena kesehatan adalah investasi paling berharga untuk kita semua!

Rabu, 22 Agustus 2018

Cara Mudah Berinvestasi dengan SBN Online


Halo sahabat investasiemak.com. Sudah lama nggak ada post di blog ini ya? Si empunya blog emang lagi nggak menjamah dunia blog dan investasi untuk sementara waktu. Tapi, demi apa dong investasiemak bikin post baru ini. Demi negeri! *mentang-mentang habis 17an dan kena euforia pembukaan Asian Games, ya kan..

Tapi ini bukan lebay ya. Bener loh, sekarang ini ada cara gampang buat kaum milenial yang masih missqueen (ya duit seadanya gitu deh, kayak akyu, xixixi) buat membantu perekonomian Indonesia. Yaitu dengan membeli SBN (Surat Berharga Negara).

"Tapi, duitku cuma sedikit, paling banyak bisa nyisihin sejuta, ntar mau beli nggak dilayanin, gimana?"
--> Itu pertanyaanku dulu. Tapi semua pertanyaan itu terbantahkan sudah. Karena pembelian surat berharga, dalam hal ini yang masih buka penawaran yaitu SBR004 (Sukuk Bond Ritel seri 4), berpihak banget sama kita-kita, karena:
1. Terjangkau. Minimal pemesanan adalah 1 juta dengan kelipatan 1 juta. Coba bayangin. Kalo SBN seri sebelumnya minimal 5 juta lo pembeliannya.

(Baca: Pengalaman memesan SR009)

2. Semua proses full online. Jadi nggak perlu ribet ke bank di jam kerja, apalagi baper karena ngerasa dibedain pelayanannya ama yang duitnya banyak. Hihi.

3. Proses cepat. Di post ini aku ceritain gimana cepetnya.

Jadi, aku sendiri tahu kalau Kemenkeu lagi jualan surat berharga itu dari ads di gmail. Seneng deh, sekarang info kayak gini nggak tertutup hanya diketahui konglomerat dan nasabah prioritas bank saja. Bahkan sekarang malah dipromosikan besar-besaran. Moga sih banyak yang melek dan jadi tertarik buat ikut ini.

Ada banyak agen yang jualan SBR004. Aku sendiri dapat ads gmail dari investree. Ada promo cashback pula. Tapi karena belum dapet info yang cukup soal investree, dan males aja bikin banyak akun finansial, wong duitnya cuma sekepret-kepret #ups, malah bingung dewe nanti. Akhirnya memutuskan nyoba beli SBR004 di SBN BRI

Kenapa pilih SBN BRI?
Karena gampang! Gak tau tiba-tiba dapat broadcast dari grup Danareksa (analystnya malah broadcast BRI, soalnya Danareksa nggak ditunjuk jadi agen penjual), isinya kurang lebih begini:


Investasi AMAN dengan RETURN DIATAS DEPOSITO? Hanya dengan SBR004

*KENAPA HARUS  SBR004?*
☆ *Aman*, diterbitkan oleh Pemerintah RI
☆ Kupon Floating dengan *minimum kepastian kupon sangat menarik : 8.05% gross p.a.*
☆ *Pajak kupon 15%, lebih kecil* daripada pajak bunga deposito
☆ Acuan : 7 Days Reverse Repo Rate (Penyesuaian kupon setiap 3 bulan sekali)
☆ *Sangat terjangkau : Minimal 1 Juta - Maksimal 3 Milyar* (Kelipatan 1 Juta)
☆ Kupon Bulanan dikreditkan setiap tgl 20
☆ Tenor relatif singkat hanya 2 Thn (Jatuh tempo : 20 Sept 2020)
☆ Early Redemption tgl 7-15 Okt 2019

*PEMESANAN SBR004*
- Hanya dapat dipesan melalui https://sbn.bri.co.id (tidak tersedia channel lainnya)
- Pemesanan dimulai tgl 20 Agustus-13 Sept 2018 atau selama quota masih ada

Info lebih lanjut hubungi Bank BRI terdekat

BANK BRI MELAYANI DENGAN SETULUS HATI


Habis itu iseng aja isi komplit. Terus terverifikasi. Coba pesan. Bayar. Eh kok gampang banget! Segampang beli pulsa online aja. Hihi. Jadi kebetulan aku emang udah punya syarat-syaratnya:
1. Rekening BRI-->soalnya buat rekening induk.
2. KTP n NPWP-->Ini sih standar dimana-mana juga ditanyain.

Jadi saat membuka websitenya, pilih tombol "opsi" di kanan atas. Lalu klik pendaftaran akun. Dari situ isi deh sesuai keadaan. Gak ribet-ribet sih formulir aplikasinya. Pokoknya bisa diisi dari HP.
Pilih menu pendaftaran akun dan isi formnya.
Kalau nggak salah sih upload foto KTP sama NPWP sih. Dalam waktu kurang dari 24 jam aku sudah dapat notifikasi email seperti ini:


Nggak tau prosesnya bisa cepat karena aku sudah punya SID (sistem informasi debitur)--> Udah punya dari zaman kenal Danareksa, atau memang komputerasi di bidang finansial saat ini emang kece abis makanya registrasi bisa secepat itu. Kayaknya memang negara semakin mempermudah untuk urusan uang yang masuk ke negara ya kan, jadinya cepet prosesnya. Kalau mulus gini kan juga jadi semangat nabung (investasi) nya.

Setelah diaktivasi. Langsung deh lengkapin profil investor, habis itu pilih menu transaksi>pemesanan. Jadi deh milih mau beli berapa, pokoknya kelipatan 1 juta. Untuk keamanan, setiap pemesanan harus mengisi kode verifikasi yang dikirim ke email yang terdaftar.

Setelah mengisi kode verifikasi, nanti akan dikirimkan kode pemesanan dan kode billing untuk pembayaran.

Kalau bingung cara bayarnya, bisa lihat menu "Petunjuk Pembayaran MPN" di menu Transaksi>Pemesanan. Aku pilih bayar via ATM, dan viola! Aku sudah berinvestasi untuk negeri donggg*standing applause.
Email bukti pembayaran langsung dari Kemenkeu
Gimana? Tertarik mau beli nggak? Bolehlah iseng dulu bikin akun, cobain dulu beli sejuta juga bisa. Prinsip investasi kan sama kayak menabung, dikit-dikit lama-lama jadi bukit. Emak bijak sadar investasi. ^_^

Rabu, 28 Maret 2018

5 Rekomendasi Destinasi Bulan Madu Buat Kamu Pengantin Baru

sumber: GOSSIP WEDDINGS
Setelah melepas masa lajang dengan yang tersayang, apakah perjuanganmu sudah berakhir? Tentu saja tidak. Ada banyak tantangan untuk ‘menempuh hidup baru'. Salah satunya adalah cari tiket pesawat untuk rencana bulan madu kamu berdua. Kalau bisa, beli tiket semurah mungkin agar dananya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.


Dengan semakin berkembangnya dunia pariwisata, destinasi-destinasi pun juga makin bertambah. Bikin bingung harus pilih yang mana. Untuk kamu yang sedang gundah mencari tempat bulan madu terbaik dengan pasangan, berikut adalah lima rekomendasi destinasi romantis yang bakal semakin menyalakan api cintamu dan dia.

Oahu, Hawaii
Exotic Estates
Kenapa Oahu? Kenapa nggak Honolulu yang lebih populer? Well, kalau orang lagi kasmaran, kan, justru butuh tempat-tempat yang tenang dan nyaman. Oahu dipilih karena kedamaian yang dimilikinya. Salah satu rekomendasinya adalah menginap di Kailua.
Di Oahu, selain pantai indah dengan suasana yang tenang, kamu bisa berlayar bareng pasangan, kemudian berenang abreng lumba-lumba. Ajak juga yang terkasih untuk jaga stamina sambil hiking di Ka’ena Point Trail. Soal makan, nggak perlu khawatir. Ada banyak kuliner menarik di sini, termasuk sajian ikan mentah dengan rasa mewah.

Maladewa
Merdeka
Sejak dulu, Maladewa merupakan favorit bagi jutaan pasangan untuk berbulan madu. Beruntung, Maladewa adalah destinasi yang istimewa yang mudah cari tiket pesawat murah ke sana dan privasi para pengunjungnya selalu terjaga. Kamu dan pasangan bisa menikmati pesona negara yang seperti nirwana. Perairan dangkal dengan pasir putih yang memesona, disertai air laut yang biru jernih, benar-benar bikin betah untuk berlama-lama di sana.
Soal penginapan, para pemilik resor selalu berlomba untuk memberikan yang terbaik. Jadi kamu nggak perlu khawatir karena hampir semua hotel di sana menawarkan keindahan, berikut dengan fasilitas-fasilitas dan kejutan yang bikin, wah!

Thailand
YouTube
Ingin bulan madu ke luar negeri tapi cari tiket pesawatnya yang nggak mau jauh-jauh? Thailand solusinya. Negeri gajah putih ini punya eksotisme yang bikin setiap orang bahagia. Bukan hanya wisata alamnya, keseharian masyarakat Thailand juga sangat menarik untuk diselami berkat kebudayaan yang begitu kuat, mengikat sendi-sendi kehidupan mereka. Mulai dari jalan-jalan desa, sampai kuil-kuilnya bakal membuat kamu dan dia terpesona. Jangan lewatkan pula kesempatan dinner berdua, mencicipi kuliner khas Thailand yang menggoda.

Selandia Baru
JadiBerita.com
Pecahan surga yang jatuh ke Bumi itu bernama Selandia Baru. Sebuah negara dengan keindahan yang nggak ada habisnya. Pemandangan alam yang begitu istimewa bisa kamu nikmati berdua, sambil melakukan road-trip menjelajahi seluruh negeri kiwi ini. Jangan lupa untuk menanyakan atraksi-atraksi wisata terbaik kepada petugas hotel. Siapa tahu, ada paket istimewa bagi pasangan yang baru menikah.

Islandia
Tribunnews.com
Dingin itu selalu menyenangkan kalau dilewati berdua bareng pasangan. Kalau pengen liburan di tempat dingin, sekalian saja ke Islandia. Salah satu negara paling dekat dengan Kutub Utara. Iklim yang sangat dingin menjadi berkah bagi Islandia. Kamu dan dia bisa menemukan petualangan yang nggak bakal ditemukan di Indonesia, seperti menjelajahi gletser yang umurnya ribuan tahun, menemukan Blue Lagoon, yang airnya sangat kaya mineral, atau mengintip masa lalu Islandia dengan mengunjungi museum-museum di Reykjavik.
Sebelum menikmati kuliner khas bangsa Viking, lepaskan lelah dengan menikmati uap air panas. Terakhir, sempatkan waktu untuk melihat fenomena alam yang luar biasa, Northern Lights.
Itulah lima rekomendasi destinasi bulan madu yang bakal semakin membangkitkan gairah asmara kamu dan dia. Cari tiket pesawatnya sekarang juga, dan nikmati petualangan baru bersamanya di sana.

Selasa, 09 Januari 2018

Memilih Pakaian untuk Investasi

Pakaian merupakan investasi bagi seorang wanita. Ya iyalah, lewat gaya berpakaian seseorang akan dinilai kepribadiannya. Mau bilang don't judge the book by it's cover? Nyatanya kalau melihat seseorang berpakaian lusuh dan asal-asalan, pasti akan mengurangi respek kita terhadap orang tersebut. Oleh karena itu, walaupun sepertinya sepele, masalah berpakaian merupakan sesuatu yang sangat perlu diperhatikan. Mau menjadi seorang karyawan yang mendapatkan respek dari rekan kerja, atasan, atau pun anak buah? Tentu saja selain attitude yang baik, gaya berpakaian yang rapi memegang peranan penting. Misalkan kita seorang pengusaha, tentu saja penampilan klimis akan menambah kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan kita.
Photo baju on super.mataharimall.com

Berikut tips memilih pakaian yang tepat untuk investasi

1. Pakaian berkualitas baik

Pakaian itu nggak perlu punya banyak, lebih baik punya beberapa tetapi berkualitas baik. Memilih pakaian berkualitas baik bisa dilihat dari harga pakaiannya. Kalau murahnya sadis biasanya bahannya juga tidak terlalu bagus. Untuk beberapa orang, merek pakaian dianggap menentukan kualitas pakaiannya. Karena memang untuk merek tertentu, terutama yang sudah internasional atau pun berkualitas ekspor, pastinya ada standar kualitas tertentu yang akan menjamin kepuasan pengguna merek tersebut.

2. Pilihlah model pakaian yang netral

Model pakaian yang dipilih sebaiknya sederhana dan netral. Hindari memilih pakaian yang terlalu banyak detail, karena justru akan memberikan kesan kampungan pada gaya berpakaian kita. Lebih baik memilih model pakaian seperti kemeja kasual, karena selain sederhana, juga dapat digunakan pada berbagai kondisi.

3. Pilihlah bahan pakaian yang tidak mudah kusut

Pernah nggak sih bete karena saat terburu-buru berangkat kerja dan mendapati pakaian yang akan digunakan ternyata kusut? Atau, akan bertemu klien penting tetapi lengan baju berkerut-kerut lusuh? Sebaiknya dari awal membeli pakaian dipertimbangkan mengenai sifat bahan pakaiannya. Pilihlah bahan pakaian yang tidak mudah kusut sehingga penampilan akan selalu rapi dan paripurna.

4. Pilihlah warna pakaian yang netral

Untuk memberi kesan profesional, pilihlah warna pakaian yang netral. Warna pakaian yang cerah akan memberikan kesan bersih dan menarik. Warna-warna netral dan cerah seperti putih, abu-abu muda, krem, atau pun pink dapat dipilih.

Kemeja putih kasual dengan bahan katun silky dapat menjadi pilihan yang tepat untuk investasi pakaian yang wajib dimiliki karena modelnya yang sederhana dan dapat dipadu padankan untuk berbagai acara. Selain itu bahannya tidak mudah kusut dan warnanya netral cerah.

5. Perhatikan pencucian dan penyimpanan pakaian

Setelah mendapatkan pakaian andalan untuk menambah kepercayaan diri, hal lain yang tak kalah penting adalah perawatan pakaian tersebut. Perhatikan cara pencucian dan penyimpanan pakaian tersebut. Sebaiknya cuci dan jemur menggunakan hanger. Keuntungan menjemur pakaian menggunakan hanger adalah pakaian akan menjadi tidak terlalu kusut. Untuk beberapa jenis kain seperti katun silky, spandek sutra, penggunaan hanger untuk menjemur pakaian akan membuat pakaian rapi tanpa disetrika. Meminimalkan penyetrikaan pada pakaian akan menambah keawetan pakaian tersebut.

6. Padu padan pakaian yang dimiliki

Agar pakaian tidak terkesan itu itu saja, padu padankan atasan dan bawahan yang dimiliki. Bila berhijab, dapat variasikan dengan motif-motif jilbab yang dimiliki.

7. Gunakan aksesoris

Untuk menambah fresh penampilan, aksesoris seperti kalung manik-manik atau pun gelang etnik dapat digunakan untuk mempermanis penampilan. Dengan memilih pakaian dengan warna netral, maka pilihan aksesoris yang bisa digunakan semakin bervariasi.

Selamat bereksplorasi menggunakan pakaian yang bernilai investasi dan menunjang penampilan agar lebih baik dan menarik.

Selasa, 26 Desember 2017

Mesin Apheresis Investasi untuk Penderita Kanker

Dulu, adalah mimpi buruk bila penderita leukimia memiliki sel darah putih lebih dari sepuluh ribu. Artinya, tidak bisa dilakukan tindakan kemoterapi. Perlu perawatan seminggu di ICU untuk menekan jumlah sel darah putih.

Dulu, bila penderita kanker butuh donor trombosit, maka diperlukan 10 pendonor untuk mendapatkan sekantong trombosit.

Tapi itu dulu. Sekarang ada alat bernama apheresis yang berfungsi memisahkan sel atau plasma dalam darah. Pada terapi leukimia, alat ini akan membuang sel-sel kanker dalam darah dan mensirkulasikan kembali darah sehat ke dalam tubuh. Prosesnya hanya 2-3jam. Bayangkan waktu seminggu di ICU bisa dihemat menjadi 2-3 jam saja. Walaupun terapi dengan mesin apheresis tidak bisa menggantikan kemoterapi, tetapi sangat membantu keberhasilan kemoterapi.
Mesin apheresis
Sedangkan untuk kebutuhan donor trombosit, mesin apheresis akan memisahkan trombosit dan bagian darah lain akan dikembalikan ke tubuh. Bila dulu butuh 10 pendonor untuk mendapatkan 1 kantung trombosit, sekarang cukup 1 pendonor bisa mendapatkan 1 kantong trombosit. Bisa mendapatkan trombosit yang fresh langsung dari pendonor, dan bukan dari proses pemisahan mekanis di laboratorium.

Mesin apheresis memberi harapan baru bagi para penderita kanker. Prudential Indonesia, sebagai asuransi kesehatan yang berfokus kepada perlindungan kondisi kritis bekerja sama dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) memberikan donasi mesin apheresis ke Rumah Sakit Universitas Hasanudin Makasar. Ini merupakan donasi mesin apheresis yang keenam yang telah didonasikan oleh Prudential Indonesia. Sebelumnya Prudential Indonesia telah mendonasikan mesin aperesis kepada Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, RSUP Sanglah, Denpasar, RS dr. Cipto Mangukusumo, Jakarta, dan RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta. Kabar terbaru, Prudential Indonesia kembali mendonasikan mesin apheresis untuk ketujuh kalinya kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Teknologi kesehatan semakin berkembang. Mesin apheresis telah memberi harapan baru bagi para penderita kanker. Adanya mesin ini pada rumah sakit merupakan investasi penting yang dapat membantu banyak nyawa. Semoga semakin banyak rumah sakit di Indonesia yang dapat menyediakan fasilitas alat seperti ini.

Sebagai perusahaan asuransi besar di Indonesia, Prudential Indonesia memiliki tiga aspek tanggung jawab sosial kepada masyarakat Indonesia. Tiga aspek tersebut meliputi kesehatan, pendidikan, dan kesiapan penanggulangan bencana. Tiga aspek yang memerlukan asuransi untuk proteksinya. Selain donasi mesin apheresis sebagai bentuk tanggung jawab di bidang kesehatan, Prudential Indonesia mendukung bidang pendidikan ramah anak di Papua sebagai wujud tanggung jawab sosial bidang pendidikan. Kegiatannya meliputi renovasi bangunan sekolah di SD YPK Ifar Babrongko dan pembangunan perpustakaan di SDN Komba. Relawan Prudential Indonesia juga mengadakan workshop literasi keuangan bagi perempuan setempat. Harapannya tentu saja agar angka putus sekolah di Papua semakin menurun.

Kesehatan dan pendidikan adalah investasi penting yang harus mendapatkan proteksi. Prudential Indonesia menunjukkan komitmennya bagi dunia kesehatan dan pendidikan di Indonesia. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, pola hidup sehat, dan ikut program asuransi, tentu akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan semakin meleknya masyarakat Indonesia terhadap produk perbankan untuk investasi sekaligus proteksi dana pendidikan masa depan, maka taraf pendidikan masyarakat Indonesia juga dapat meningkat.

Kamis, 30 November 2017

Teliti Sebelum Membeli Asuransi. Jangan Seperti Ini!


Disclaimer: Ini murni pengalaman pribadi seseorang yang 'terjebak' pada suatu produk perbankan yang katanya memberi manfaat investasi dan proteksi. Nyatanya manfaat itu tidak maksimal digunakan, dan belakangan baru sadar kalau ternyata penulis salah pilih produk asuransi. Jadi, yang salah BUKAN produk asuransinya ya, tetapi penulis sendiri ^_^

Tahun 2009. Tahun awalku bekerja. Sebagai seorang single yang bekerja, aku bersyukur bisa menabung dari hasil kerjaku. Lalu, suatu hari aku dikontak salah satu teman SMUku, dia mengajak ketemuan. Temu kangen lah bilangnya. Eh nggak tahunya aku diprospek untuk ikutan asuransi unit link perusahaannya. Karena nggak enak sama teman, plus aku nggak punya referensi apa-apa buat memutar tabunganku yang nggak seberapa itu, akhirnya aku setuju untuk membuka polis asuransi di perusahaanya.*klasik banget ya 'kecebur'nya aku di asuransi plus investasi ini.

Seiring berjalannya waktu, barulah aku menyadari bahwa aku salah memilih unit link sebagai armada investasi. Ya, aku sama sekali abai perihal manfaat asuransinya yang dituangkan dalam segepok polis berisi pasal-pasal. Yang aku mau tahu cuma, kalau dalam waktu sekian tahun, duitku jadi berapa. Itu aja! Soalnya mau manfaatkan fasilitas asuransi juga udah males ribet administrasinya. Dan Alhamdulillah sih emang selama pegang polis itu daku sehat-sehat saja (emang akunya rada malas berobat juga kalo sakit, xixixi). Satu-satunya momen aku mondok di rumah sakit adalah saat melahirkan, itu termasuk yang nggak dicover asuransi ini. Lah, kagak guna dong selama ini bayar premi? Lah iya, emang useless. Tapi, ada tapinya dong. At least selama beberapa tahun pegang asuransi itu, aku diproteksi kalau-kalau terjadi musibah aku meninggal dunia. Cuma, manfaat kek begini kan nggak kelihatan. Kata suami mah, ribet amat asuransi begituan. Tapi aku ikut asuransi murni pakai duitku, doi ya terserah aja jadinya.

Kenapa Akhirnya Beneran Berhenti?

Tahun 2014 aku berhenti kerja. Otomatis sumber dana buat bayar premi juga terhenti. Baru deh aku hitung-hitung lagi. Pos buat premi bisa buat makan sebulan. Lagian aku nggak dapat manfaat apa-apa selain apa yang disebut 'proteksi'. Ya kalo sekarang 'proteksi' belum penting, mending duit proteksi itu buat makan sekeluarga. Lebih berfaedah kan yes? Dan yang bikin aku makin yakin buat nutup polis itu adalah, ternyata kenyataan tidak seindah ilustrasi. Di ilustrasi digambarkan setelah sekian tahun, investasiku akan berkembang menjadi sekian. Kenyataannya, hasil investasi di bawah ilustrasi. Petugasnya bilang ini terkait dengan kondisi perekonomian Indonesia dan dunia yang sedang tidak stabil. Pret lah. Mana ada urus aku. Kalau aku suruh maklum sama kondisi ekonomi, mending aku investasikan sendiri sekalian, lah ngapain mahal-mahal bayar manajer investasi kalau nggak becus mengembangkan modal kita. Mungkin manajer investasinya sih nggak bego-bego amat. Tapi, namanya unit link, tiap bulan pasti ada premi yang dibayarkan untuk asuransi. Parahnya, yang beginian mereka bilangnya cuma dibayar 5 tahun pertama. Lah aku dah ikut 7 tahun, masih kena biaya yang nggak sedikit juga. Kayak gitu caranya, ya jelas habis lah dana investasinya.

Nah, waktu galau-galaunya aku antara mau lanjutin polis ini atau nggak, bapakku tanya gini:
"Lah kamu niat awalnya mau untuk proteksi apa investasi. Kalau proteksi, ya terusin. Investasinya itu bonus, jangan diharap besarnya. Tapi kalau untuk investasi, ya mending berhenti, karena jelas nggak menguntungkan."

Jleb. Aku sadar nggak mungkin merengkuh keduanya. Danaku saat ini terbatas, jadi aku harus memilih antara proteksi atau investasi. Dan jelas pilihanku adalah investasi. Aku harus mengorbankan untuk tidak membeli proteksi lagi. Aku putuskan untuk menghentikan polis asuransi unit link yang sudah berjalan 7 tahun itu. Jangan ditanya dapatnya berapa. Syukur masih ada dana yang bisa ditarik. Mayan buat tambah-tambah modal suami sedikit. Gitu aja.

Beralih ke Reksadana dan Produk Pasar Modal PURE Investasi

Gak ada noda nggak belajar. Gara-gara kejebak asuransi unitlink (aku bilang kejebak, soalnya aku gak merasakan manfaatnya tuh, masih mending nabung biasa deh-golongan nggak pro asuransi-nggak sampai anti juga sih), aku jadi sedikit-sedikit belajar soal investasi, khususnya investasi di pasar modal. Awalnya getol belajar reksadana, soalnya ini kan komponen investasi di unit link ku tempo hari. Dan Alhamdulillah benar-benar mencicip pasar modal sesungguhnya setelah gabung ke sekuritas yang ada di kampus D3 Ekonomi UGM (berkah kuliah lagi, jadi nemu sarana investasi yang kali ini betulan pure investasi). Sejauh ini sih memang belum berefek signifikan pada hasilnya, tetapi setidaknya aku tidak was-was akan berkurangnya saldo setiap bulan karena biaya. Dan, di pasar modal, terutama bila nyemplung langsung ke jual beli saham, kita nggak bisa lagi tuh nyalah-nyalahin manajer investasi. Di saham, kita jadi manajer buat diri kita sendiri. Untung buat sendiri, rugi ya rasain sendiri. Dan ini fair buatku.

So, buat kamu yang mau memilih asuransi. Bersihkan dulu deh mindsetmu dari yang namanya dapetin untung. Asuransi itu proyek rugi, karena kita 'membeli proteksi'. Kalau ada yang bilang nanti ada tambahan manfaat investasi, itu cuma bonus, jangan diharap-harap. Jangan juga berekspektasi berlebih sama ilustrasi yang diberikan. Bisa sama dengan ilustrasi aja bagus, yang ada lebih jeblok biasanya. Dan, itu agen kalo ditanya kenapa jeblok, jawabannya pasti mbulet dan bikin kita berasa kuliah 3 sks keuangan. Hahaha!

Mending fokus aja, asuransi murni atau investasi murni. Sekarang mah akses untuk investasi gampang banget. Mau nyemplung di pasar modal tinggal buka akun di sekuritas, bisa beli 500an saham di bursa. Kalau nggak mau repot, beli reksadana atau investasi emas juga dah gampang banget sekarang. Itu sih insightku saja ya. Yang nyaman sama unitlink sih pasti banyak. Kalau buat yang low budget kayak daku, nggak deh.

Referensi yang bisa dibaca: Selami Asuransi demi Proteksi Diri

Selasa, 28 November 2017

Kebiasaan Bijak yang Bisa Bantu Mekarkan UMKM Indonesia

Selama ini, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran besar dalam menghidupi roda perekonomian Indonesia. Paham akan hal itu, aku pun jadi tertarik untuk mendukung mereka, ‘pahlawan-pahlawan’ ekonomi negeri. Ini karena, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakri mengatakan, kita semua seharusnya turut berpartisipasi aktif untuk membantu pengembangan UMKM agar lebih optimal.
Pemerintah sudah berupaya memberikan berbagai macam pelatihan dan keterampilan untuk memberdayakan pelaku wirausaha dan UMKM dalam menghadapi persaingan global. Lalu, bagaimana dengan kita? Apa ya yang bisa kita lakukan untuk turut andil dalam hal ini? Jawabannya ternyata sudah aku temukan dan cukup mudah untuk dijalani. Yup, urunan!
Melakukan urunan atau menyumbang dana (pendanaan) adalah salah satu bentuk gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Di Indonesia, gotong royong ini sudah menjadi budaya atau ciri khas sejak zaman dahulu, serta dianggap sebagai perwujudan nyata dari semangat persatuan. Bagiku, jika urunan ini dijadikan sebuah kebiasaan oleh seluruh warga Indonesia, aku yakin langkah ini bisa bantu mengembangkan UMKM Indonesia.
Urunan, atau lebih tepatnya lagi disebut sebagai crowdfunding, sebenarnya sudah banyak diterapkan di bidang keuangan luar negeri. Cara ini merupakan suatu metode alternatif pendanaan bisnis. Singkatnya, crowdfunding adalah praktik pendanaan suatu proyek atau usaha dengan cara mengumpulkan dana dari sejumlah orang.
Di era digital ini, crowdfunding bisa kita selenggarakan dengan memanfaatkan teknologi internet. Salah satu wadah yang bisa dijadikan tempat untuk melakukan crowdfunding ialah Mekar, sebuah situs fasilitator yang menghubungkan antara berbagai pelaku usaha yang membutuhkan modal dengan publik sebagai pendana yang ingin berinvestasi.
http://mekar.id/, situs yang memfasilitasi crowdfunding 

Bagai menyelam minum air, dengan melakukan crowdfunding di Mekar ini, kita bukan hanya berupaya bantu menyukseskan UMKM di Indonesia, tapi akan ada pula reward (keuntungan) yang bisa kita dapatkan sebagai pemberi dana.
Mekar memiliki dua model pendanaan pada platform crowdfundingnya yaitu berbasis pre-order dan bagi hasil. Pada basis pre-order, urunan yang kita lakukan adalah pembelian dengan pemesanan awal produk yang mereka hasilkan, sehingga secara tak langsung kita bantu mendanai proses produksi mereka. Sedangkan pada basis bagi hasil, kita akan bantu mendanai usaha mereka dan kemudian kita mendapatkan presentase keuntungan dari penjualannya.
Nah, niat baik untuk membantu UMKM kini sudah terbuka jalannya dan tidak sulit untuk kita lakukan, bahkan juga menguntungkan. Jadi, kamu mau pilih crowdfunding basis apa nih untuk bantu majukan perekonomian Indonesia?
Bagi kamu yang mau ikutan crowdfunding di Mekar seperti pengalamanku ini, kamu bisa gabung dan cari informasi cara kerjanya di sini.
Keep learning and do good investing, y’all! ^_^