Jumat, 03 Maret 2017

Pengalaman Memesan Sukuk Ritel SR-009

Sukuk Ritel is back! Seri SR-009


Rasanya nggak nyangka akhirnya bisa pesan sukuk ritel juga. Soalnya dulu masih zaman SR-005 sempat pengen ikutan tapi nggak dapat jatah. Karena dulu agen penjual Sukuk cuma Bank Syariah. Lah daku cuma punya the only one rekening tabungan bank konvensional yang saat itu dipake buat transfer gaji (dan perusahaan tidak memperkenankan bank lain), ya sudah.

Sekarang, investasi berbasis syariah sudah lebih masif. Jujur saja aku lebih mantap berinvestasi di Sukuk ketimbang duitnya didepositokan. Walaupun jangka waktu Sukuk lebih lama, tapi toh memang 'uang dingin' yang aku pakai. Jadi begitu ada info tentang penawaan Sukuk Ritel SR-009 ini, aku langsung semangat pengen pesan.

Saking semangatnya, sebelum masuk masa penawaran, aku sudah tanya-tanya ke bank. Asyiknya, bank dimana satu-satunya rekeningku berada (ecie) ternyata jadi agen penjual Sukuk ini. Kebetulan saat itu aku sedang bermasalah dengan ATM tertelan, jadi sekalian tanya-tanya ke CS tentang Sukuk Ritel SR-009 deh.

Ternyata, walau belum masuk masa penawaran, aku sudah bisa pesan lho. Si Mbak CS menawarkanku untuk isi form pemesanan serta memintaku menunjukkan KTP, buku tabungan, dan NPWP. KTP sama buku tabungan si oke, wong habis ngurus ATM, tapi NPWP nggak kubawa. Habisnya trauma kemarin sempet ilang dompet terus nambah-nambahi kerjaan aja kudu urus kartu NPWP ke kantor pajak (padahal ngurus NPWP ke kantor pajak paling gampang, pelayanan cepat dan tentu saja gratis). Back to syarat pemesanan SR-009, jangan lupa ya dipersiapkan KTP, buku tabungan, dan NPWPnya. Disarankan sih ke bank yang kita sudah punya rekeningnya, jadi nggak perlu ribet buka tabungan atau buat dokumen surat berharga.

Apa sih menariknya ikutan Sukuk Ritel SR-009?

Kalau menurutku pribadi, sukuk jelas sangat menarik dibanding deposito. Soalnya imbal hasil lebih tinggi. Jadi kalau rata-rata bunga deposito adalah 6.2% (data dari pusatdata.kontan.co.id), nah Sukuk Ritel SR-009 ini kalau imbal hasilnya dikonversikan menjadi bunga, maka sekitar 6.9%. Selain potongan pajaknya lebih rendah. Kalau deposito dikenakan pajak 20%, maka imbal hasil Sukuk hanya dikenakan 15%.

Kalau pertimbangan utamaku  pilih sukuk sih karena nggak riba. Imbal hasilnya bukan berupa bunga melainkan bagi hasil. Dan disisi lain, sukuk menawarkan kepastian imbal hasil karena dijamin negara. Beda sama investasi reksadana atau saham yang kadang harus deg-degan dengan fluktuasinya.

Bagaiman mekanisme pemesanan Sukuk Ritel SR-009?

1. Datang ke agen penjual yang ditunjuk Kemenkeu berikut ini:

PT Bank Mandiri (Persero), Tbk
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk
Citibank N.A.
PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
PT Bank ANZ Indonesia
PT Bank DBS Indonesia
PT Bank Permata, Tbk
PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk
PT Bank Mega, Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
Standard Chartered Bank
PT Bank Pan Indonesia, Tbk
PT Bank OCBC NISP, Tbk
PT Bank CIMB Niaga, Tbk
PT Bank Central Asia, Tbk
PT Bank Maybank Indonesia, Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
PT Bank Commonwealth
PT Bank Syariah Mandiri
PT Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk
The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Ltd
PT Bank BRISyariah

Waktu pemesanan adalah dari tanggal 27 Februari sampai 17 Maret 2017.

2. Isi form pemesanan dan menunjukkan buku tabungan, KTP, dan NPWP yang masih berlaku.

3. Tunggu penjatahan di tanggal 20 Maret 2017. Kalau tidak dapat jatah maka uang akan dikembalikan maksimal 3 hari kerja yerhitung sejak tanggal 23 Maret 2017.

4. Menerima imbal hasil perdana pada 10 April 2017. Hore!

Yang perlu diketahui tentang SR-008:
1. Masa jatuh tempo adalah 3 tahun, yaitu pada 10 Maret 2017. Jadi kalau kira-kira duitnya bakal kepake sebelum 3 tahun, mending dipikirkan dulu deh keikutsertaannya.

2. Berbeda dengan ST-001 yang tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder (macam jual beli saham gitu), SR-009 seperti Sukuk Ritel pendahulunya, yaitu bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Tapi ada resiko nilainya menurun di pasar sekunder. Amannya ya investasi full selama 3 tahun itu (kalau untuk tipe investor yang risk avoider). Kalau pas jatuh tempo, nilai kuponnya tetap seperti awal pembelian.

3. Satu kupon SR-009 adalah 5 juta rupiah. Nggak usah malu kalau cuma sanggupnya 1 kupon saja. (La yang bikin tulisan ini juga cuma pesan dikit, gaya banget terus bikin tulisan yak? Haha). Paling nggak sekalian nyicip investasi yang syariah dan aman, ya kan?

4. Penawaran SR-009 terbatas hanya sampai 17 Maret 2017 (Di Bank Mandiri malah cuma sampai tanggal 14 Maret). Jadi, nggak usah pakai mikir lama buat pesan SR-009 kalau punya duit nganggur. Daripada duitnya kepakai untuk konsumsi yang nggak jelas, ya kan? Soalnya buibu kan suka kalap kalau lihat saldo masih tebal, hihi.

Yuk mulai investasi, karena emak bijak sadar investasi. ^_^

3 komentar:

  1. Butuh melek investasi ya ternyata, karena menabung saja tidak bisa membuat uang kita berlipat2 ya mak. Kasarnya, 10 juta nabung bunganya 11,500 tapi potongan administrasi per bulan 16,500. Duh duh tekor dong eikeh, haahahahaa. TFS ya makdiba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Biaya adminnya bikin senut2..hihi

      Hapus