Selasa, 23 Maret 2021

Maksimalkan Cuan di Reksadana

Semenjak pandemi ini aku makin rutin membeli reksadana. Karena mulai sadar pentingnya menghimpun dana darurat. Reksadana yang dipilih tentu saja reksadana pasar uang (RDPU). Rasanya senang melihat NAB RDPU yang dipilih semakin bertambah setiap harinya, walaupun kenaikannya kecil, tapi ternyata bahagia memang sesederhana itu! Inti dari investasi itu bukan pada berapa besar keuntungan yang didapatkan. Tetapi lebih pada seberapa konsisten kita berinvestasi. Apalagi sekarang lagi gencar-gencarnya inklusi keuangan. Jadi nggak usah tunda-tunda lagi. Mulai saja walau hanya 100.000 saja misalnya.



Fokus pada beberapa reksadana saja

Langkah awal untuk cuan di reksadana adalah memilih reksadana yang tepat. Fokus pada beberapa reksadana saja. Agar tidak sulit memantau nantinya. Gimana cara memilihnya?


Pilih Reksadana sesuai timeframe-nya

Reksadana ada 4 jenis, reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham dan campuran. Pilih reksadana pasar uang untuk timeframe pendek, antara 1-3 tahun, reksadana pendapatan tetap untuk timeframe sedang, antara 3-5 tahun, dan reksadana saham untuk timeframe lebih dari 5 tahun. Kalau reksadana campuran timeframe-nya bisa sedang atau panjang tergantung komposisi reksadananya. Tapi kalau saran investasiemak sih mendingan fokus di 3 jenis reksadana itu tadi. 


Sisihkan dana di awal bulan

Inti dari investasi adalah konsistensi. Jadi kalau mau cuan ya harus konsisten top up reksadana pilihan kita.

 

Selalu update Instagram APERD dan Sekuritas yang rutin bagi hadiah

Pasang mata dan sempetin stalking APERD yang biasa bagi hadiah. Dengan pembelian reksadana minimal 1 juta ada cashbacknya. Di satu sisi memberi semangat kita untuk menabung lebih banyak, di lain sisi kita berpotensi cuan dari hadiah cashback. Tapi ya jangan terlalu diharapkan juga ya!


Rajin ikut webinar yang diadakan APERD

Selain mantengin promo di sosmed APERD, rajin aja ngikutin webinar yang diselenggarakan APERD. Selain dapat ilmu, biasanya ada doorprizenya juga. Bisa potensi cuan dari doorprizenya, ya kan?


Gimana? Sudah siap makin cuan di reksadana?

0 komentar:

Posting Komentar