Sabtu, 27 Maret 2021

Pelajaran Soal Properti dari Serial I Will Find You Better Home



Serial "I Will Find You Better Home" mengisahkan tentang agen perantara rumah. Jadi dalam pekerjaannya pasti berurusan dengan perdata dan dokumen properti lainnya. Nah, dalam serial ini, ada beberapa pelajaran soal properti yang bisa diambil.


1. Pastikan semua transaksi tertulis secara sah dan ada saksi

Alkisah ada rumah tua yang ingin dibeli seorang miliader. Sayangnya keturunan dari pemilik rumah sudah tinggal di luar negeri. Akhirnya keturunan pemilik rumah kembali dan didapati bahwa rumah tersebut ditinggali oleh sepasang suami istri yang merupakan generasi ketiga penjaga rumah tersebut. Mereka membangun rumah kecil di sebelah rumah tua ini. Suami istri ini menolak pindah dari rumah kecil mereka karena memiliki surat perjanjian dengan keturunan pertama pemilik rumah tua. Walaupun dokumennya terlihat sah karena dilengkapi cap tangan dan tanda tangan, tetap dari segi hukum tetap tidak bisa diakui karena tidak ada saksinya. 


2. Jangan beli rumah atas nama anak

Aku sedih pas episode ini. Dikisahkan Fang memiliki langganan roti isi yang enak. Fang mencarikan rumah yang layak buat mereka. Tetapi ujung-ujungnya pasangan penjual roti ini terpaksa tinggal di toko, karena rumah yang sudah susah payah dibeli dikuasai anak dan menantunya. Nyebelin ya, selalu aja ada tipe anak begini. Makanya nggak usah deh beli aset yang diatasnamakan ke anak, rentan konflik.


3. Jangan ragu pakai agen properti karena yang diurus banyak, komisi 2% itu sebanding

Dari episode demi episode serial ini membuatku menyadari, bila kita tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk mengurusi urusan perdokumenan rumah, lebih baik pakai perantara


4. Rumah tua di China lebih bernilai daripada rumah baru yang canggih sekalipun 

Rumah tua di China bisa dihargai lebih mahal karena nilai historisnya. Ya sama lah kayak rumah kuno Jawa gitu. Kalau aku kok malah serem ya lihat rumah tua gitu. Hehe

Ilustrasi rumah tua (wikimedia)


5. Buat surat wasiat selagi sempat

Umur tidak ada yang tahu. Jadi nggak ada salahnya membuat surat wasiat sesegera mungkin. Di serial ini, surat wasiat tidak hanya dalam bentuk tulisan, tetapi bisa juga dalam bentuk video. 


0 komentar:

Posting Komentar