Kamis, 25 Maret 2021

Pelajaran marketing dari I Will Find You Better Home


Agen 'Rumah Terbaik' awalnya omsetnya kecil karena karyawannya terlalu santai. Sampai kemudian ada manajer baru yang merubah mereka keadaan. Perlahan omset Agen 'Rumah Terbaik' meningkat dan performa karyawannya semakin baik. Kuncinya...

1. Jualan harus nggak tahu malu!

Yang namanya jualan nggak selalu bisa langsung closing. Apalagi ini jualan rumah, ya kan? Jangan takut ditolak dan walau dimaki-maki, jangan dimasukkan ke hati. Tetap pepet terus. Pembeli pasti akan ke kita kalau memang kita menjual apa yang dia butuhkan.

2. Servis costumer dengan tulus

Ketika melayani calon pembeli dan penjual, kita tidak hanya sedang menjadi perantara, tetapi kita adalah partner mereka mencari solusi permasalahan yang sedang dihadapi. Jadi jangan asal menawarkan sumber rumah, perhatikan faktor kebutuhan calon pembeli dengan tetap tidak merugikan calon penjual. Manajer Fang selalu menservis calon costumernya dengan memberikan air mineral Evian (gilingan, itu kan mahal!), rela membantu menjaga anak calon costumer, selain itu dia tidak pernah melawan walau 'ditindas' calon costumernya. Baginya, agen adalah pelayan, jadi harus siap dengan berbagai perlakuan calon pembeli, kecuali memang kebangetan banget ya.

3. Jujur saat jualan

Ada satu episode dimana Fang dengan gamblang menjelaskan kalau di rumah tersebut pernah terjadi pembunuhan. Tentu saja calon pembeli banyak yang ketakutan dan tidak jadi membeli. Akan tetapi, rumah tetap akan bertemu jodohnya. Tetap saja akhirnya ada yang membeli rumah tersebut.

4. Teamwork is a must!

Salah satu kunci keberhasilan adalah teamwork. Walaupun masing-masing punya target, tetapi satu sama lain bisa saling membantu. Nggak jarang malah dapat semua. Seperti pada episode Yu Hua Long yang kesulitan menghadapi calon pembeli yang banyak maunya sampai harus memindahkan calon tetangganya. Saat calon tetangga ini pindah, dia meminta bantuan Pak Feng, endingnya baik Long maupun Pak Feng dapat nota semua.

5. Branding

Bullshit kalau kita menilai seseorang tanpa melihat penampilannya. Biar bagaimanapun penampilan mencerminkan bagaimana kita akan dinilai orang lain. Sehingga branding/pencitraan itu sangat penting. Ketika penampilan kita meyakinkan, orang akan percaya dengan pekerjaan kita.

6. Pantang menyerobot klien pesaing

Agen perantara Rumah Terbaik, Kerudung Merah, dan Aladin adalah 3 agen perantara dengan lokasi bersebelahan. Mereka bersaing secara sengit, tetapi mereka punya etika yaitu pantang mengambil klien pesaing. Walau pada salah satu episode Rumah Terbaik sempat kecolongan, tapi itu sih memang costumernya saja yang nakal


0 komentar:

Posting Komentar